Efek Corona, Unhas Tunda Wisuda hingga Terapkan Kuliah Online

Minggu, 15 Maret 2020 17:23
Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina. IST

MAKASSAR – Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar mengeluarkan sejumlah kebijakan terkait penyebaran virus corona. Salah satunya adalah mengenai proses belajar mengajar.

Dalam Surat Edaran Nomor 7522/UN4.1/PK.03.03/2/2020 itu disebutkan, pelaksanaan pembelajaran terhitung tanggal 16 Maret hingga 28 Maret dilaksanakan secara online.

“Sedangkan untuk kegiatan praktik seperti praktik lapangan dilakukan dengan metode lain tanpa pertemuan langsung atau dilakukan dilakukan penjadwalan ulang,” kata Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina dalam surat edarannya, Minggu (15/3/2020).

Dia berharap, pimpinan fakultas, program studi, serta lembaga penjaminan mutu dan pengembangan pendidikan ikut mendukung para dosen yang melakukan pembelajaran daring.

“Termasuk menunda atau membatalkan penyelenggaraan berbagai kegiatan yang memungkinkan terjadinya kerumunan banyak, sehingga tidak dimungkinkan dilakukan tindakan kesiapsiagaan dan pencegahan penularan infeksi Covid-19,” sambungnya.

Selain itu, kunjungan mitra dan tamu dari luar negeri dihentikan sementara. Dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan yang terkait dengan mitra dan tamu diharapkan melakukan komunikasi untuk menyampaikan penghentian sementara.

Termasuk dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan dianjurkan untuk tidak melakukan perjalanan di dalam negeri yang tidak penting dan potensial terinfeksi virus corona.

Bahkan, wisuda periode III yang sudah dijadwalkan pada tanggal 17-18 Maret ditunda hingga situasi membaik.

Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, Ph.D mengatakan bahwa penundaan ini merupakan langkah antisipatif setelah menerima berbagai masukan dan melihat perkembangan.

“Badan Kesehatan Dunia telah menyatakan Covid-19 sebagai pandemi. Kita perlu mengambil langkah untuk mencegah penyebaran. Keputusan penundaan Wisuda ini cukup berat, namun kami perlu memikirkan kepentingan yang lebih besar,” kata Suharman.

Untuk selanjutnya para wisudawan diminta untuk mengikuti perkembangan informasi melalui saluran informasi resmi Unhas, baik melalui website maupun sosial media resmi. Proses pengambilan ijazah bagi calon wisudawan/wati yang membutuhkannya akan disampaikan secepatnya.

 

View this post on Instagram

 

Untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19, Rektor Universitas Hasanuddin mengeluarkan beberapa kebijakan, sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Nomor 7522/UN4.1/PK.03.03/2/2020. Salah satu point dalam Surat Edaran tersebut adalah penyelenggaraan Wisuda Periode III Tahun Akademik 2019/2020 yang sedianya berlangsung pada tanggal 17 dan 18 Maret 2020 ditunda. Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, Ph.D mengatakan bahwa penundaan ini merupakan langkah antisipatif setelah menerima berbagai masukan dan melihat perkembangan. “Badan Kesehatan Dunia telah menyatakan Covid-19 sebagai pandemi. Kita perlu mengambil langkah untuk mencegah penyebaran. Keputusan penundaan Wisuda ini cukup berat, namun kami perlu memikirkan kepentingan yang lebih besar,” kata Suharman. Untuk selanjutnya para wisudawan diminta untuk mengikuti perkembangan informasi melalui saluran informasi resmi Unhas, baik melalui website maupun sosial media resmi. Proses pengambilan ijazah bagi calon wisudawan/wati yang membutuhkannya akan disampaikan secepatnya. — Ikuti terus informasi terkini seputar Unhas melalui akun resmi kami di: Instagram, Twitter, Line: @hasanuddin_univ Facebook Page, Youtube: Universitas Hasanuddin — #Unhas #Communiversity #Humaniversity #CatchWCU

A post shared by Universitas Hasanuddin (@hasanuddin_univ) on

Muh Andis
Muh Andis


TERPOPULER