‘Garuda di Lautku’ Open Ship KRI Bima Suci-945 dan KRI Dewaruci untuk Masyarakat Umum di Makassar

Sabtu, 07 Maret 2020 15:44
KRI Dewa Ruci yang akan dipamerkan pada event "Garuda di Lautku" pada 18 Maret 2020.

MAKASSAR – Sabtu, 7 Maret 2020. Dua kapal layar latih KRI Bima Suci -945 dan KRI Dewaruci milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), sandar di Pelabuhan Soekarno-Hatta. Kedua kapal itu, akan memeriahkan  event akbar ‘Garuda di Lautku’ di Makassar.

Asisten Perencanaan Komandan Pangkalan Utama TNI AL ( Asrena Danlantamal) VI yang juga sebagai koordinator Open Ships ‘Garuda Di Lautku’ Letkol  Laut (P)  Dedi Sugianto, S.T., M.T. mengatakan, kapal akan dibuka untuk pengunjung umum menjelang acara puncak “Garuda Di Lautku” pada 18 Maret 2020. Namanya Open Ships. Digelar 14 -15 Maret  2020 mendatang, mulai pukul 08.00 hingga 17.00 Wita.

Letkol Dedi bilang, Open Ships kedua kapal tersebut dibuka untuk masyarakat umum dan tidak dipungut bayaran alias gratis.

“Untuk itu, jangan lewatkan kesempatan emas ini. Kunjungilah dan ramaikan momen bersejarah ini  karena untuk pertama kalinya  dua kapal latih ini akan disandingkan saling berhadapan di Kota Makassar,” ujarnya.

KRI Bima Suci-945 merupakan kapal layar buatan perusahaan kapal ternama Spanyol yang berlokasi di Kota Vigo, Freire Shipyard.

Rancangan teknis kapal layar tiang tinggi ini, memiliki ukuran panjang totalnya 111,20 meter, lebar 13,65 meter, kedalaman draft 5,95 meter, dan tinggi maksimal tiang layar 49 meter dari permukaan dek atas.

Kapal kelas Bark (Barque) tiga tiang itu memiliki 26 layar dengan luas keseluruhan layar 3.352 meter persegi dan ketinggian dek utamanya 9,20 meter dari permukaan laut.

Sedangkan KRI Dewaruci merupakan salah satu kapal legendaris Indonesia. Kapal ini dibangun di Hc Stulcken & Son Jerman pada tahun 1952.

Kapal yang berukuran 58,5 meter dan lebar 9,5 meter dari kelas Barquentine ini, dibangun di H.C. Stulchen & Sohn Hamburg, Jerman dan merupakan satu-satunya kapal layar tiang tinggi produk galangan kapal  pada 1952, yang masih laik berlayar dari tiga kapal sejenis yang pernah diproduksi.

Bukamatanews.id, merupakan media partner event “Garuda di Lautku”, bekerjasama dengan Lantamal VI Makassar.



TERPOPULER