Agar Tak Tertular Virus Corona Lewat Gadget, Lakukan 5 Hal Ini

Sabtu, 07 Maret 2020 11:23
Ilustrasi.

BUKAMATA – Kehadiran virus corona membuat kita harus selalu waspada. Sebab, virus mematikan itu bisa menular melalui benda-benda yang tak diduga, salah satunya smartphone.

Karena ukuran yang mikroskopis dan tak kasat mata membuat virus corona bisa saja menempel di permukaan gadget tanpa diketahui. Sebab, bisa jadi kamu telah memegang benda di tempat umum yang dihinggapi virus corona. Jika setelah itu kamu memegang handphone, virus tersebut bisa juga menempel di permukaannya.

Meski begitu, dilansir Kumparan, kita tidak perlu panik dan bereaksi berlebihan. Kamu dapat membantu pencegahan virus corona melalui gadget cukup dengan mencoba cara ini. Langsung saja simak ulasannya berikut.

1. Hindari Menyentuh Gadget Orang Lain

Cara pertama yaitu dengan tidak menyentuh handphone milik temanmu. Kita tidak pernah tahu siapa saja yang lebih dulu menyentuhnya. Bisa jadi, ponsel itu lebih dulu disentuh oleh seseorang yang terkena virus corona.

2. Biasakan Membersihkan Handphone

Kita hampir selalu membawa handphone ke mana pun saat pergi. Handphone kita bisa dipenuhi kotoran jika tidak rutin dibersihkan. Kenneth Mak, representatif dari Kementerian Kesehatan Singapura mengungkapkan bahwa HP bisa menjadi sarang dari virus corona lantaran sering disentuh.

Untuk itu, cukup dengan membersihkannya menggunakan alkohol secara rutin, kamu bisa mencegah penularan virus dari HP-mu.

3. Hati-hati dalam Menggunakan Komputer

Yang dimaksud komputer di sini adalah komputer rumah, kantor, atau kampus. Ya, banyaknya pengguna dari komputer tersebut bisa saja menularkan virus, salah satunya corona. Cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah menggunakan komputer.

4. Taruh Handphone di Kantong Berbeda dengan Saputangan

Kamu bisa lakukan hal ini jika senang menggunakan saputangan. Ya, HP menjadi salah satu benda yang sering kita pegang saat ke mana pun. Bahkan, bisa juga dipegang oleh orang lain saat kita meminjamkannya.

Dengan tidak menyimpan HP di kantong yang sama, saputangan yang sering kamu gunakan untuk menyeka hidung tentu akan terhindar virus corona dari gadgetmu.

5. Gunakan Earphone Ketika Menelepon

Usahakan menggunakan earphone saat kamu menelepon. Ya, dengan tidak menyentuh handphone secara langsung atau tidak berlama-lama memegangnya, kamu bisa mencegah penularan virus tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk tetap bersihkan handphonemu agar tidak kotor dan tertular virus Corona.

Terlepas dari itu, sering-seringlah mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Sebisa mungkin, hindari memegang hidung dan mengucek mata untuk mencegah penularan virus coro



TERPOPULER